Minggu, 05 Januari 2014

Ekonomi Mikro



Ilmu ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input,barang,dan jasa yang diperjualbelikan.Ekonomi  mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa,yang akan menentukan harga,dan bagaimana harga,pada gilirannya,menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal,bersama-sama individu lainnya di pasar,akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro,dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama (ceteris paribus).
Ekonomi mikro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari alokasi dari sumber daya yang terbatas.Hanya saja cakupan yang dipelajari berkenaan dengan aliran barang dan jasa dari sektor  rumah tangga produsen ke rumah tangga konsumen ke rumah tangga produsen,gabungan dari kedua aliran tersebut serta pengenaan harga dari komponen aliran produk.Jadi,cakupan dari ekonomi mikro pada umumnya hanya berkenaan dengan sektor rumah tangga dan produsen,dan jika ada ditambah dengan pengaruh campur tangan pemerintah terhadap keseimbangan yang diperoleh oleh produsen dan konsumen.
            Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa,serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif.
Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar,yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien,serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro,meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium),keadaan pasar dalam informasi asimetris,pilihan dalam situasi ketidakpastian,seta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan.Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam system pasar.
Elemen dalam analisis ekonomi mikro terbagi dalam tiga agen ekonomi,yaitu produsen,konsumen dan pemerintah.Kita dapat rinci sebagai berikut.
a.      Sisi konsumen di antaranya :
-          Elemen dasar penawaran dan permintaan;
-          Teori perilaku konsumen
-          Elastisitas
b.      Sisi produsen di antaranya :
-          Teori produksi;
-          Teori biaya
c.       Pasar output dan penetapan harga
Pasar persaingan sempurna,monopoli,oligopoly,dan persaingan monopolistic.
d.      Pasar input da penetapan harga,yaitu permintaan input.

Asumsi yang dipergunakan untuk menyederhanakan fenomena yang ada,di samping untuk mengarahkan kajian sehingga dapat menemukan hubungan penting antara berbagai variabel yang terkait.Di dalam ekonomi mikro beberapa asumsi yang terkait adalah sebagai berikut :
a.      Memaksimalkan keuntungan’
Lebih merupakan tujuan setiap perusahaan sebagai acuan dari usaha yang akan dilakukan.
b.      Cateris Paribus
Diartikan sebagai hal-hal lain yang dianggap tetap,artinya beberapa variabel yang dianggap mempengaruhi diabaikan dengan maksud supaya ada unsure kesederhanaan atau memudahkan analisis.

Pada umumnya,masalah ekonomi yang menarik dalam bahasan ekonomi mikro adalah masalah yang terkait dengan situasi pasar barang dan jasa tertentu.Mekanisme pasar akan menciptakan harga yang terlalu tinggi sehingga sulit dijangkau konsumen.Oleh karena itu,pemerintah harus turun tangan untuk mengatasi hal semacam ini dengan :
a.      Kebijakan harga terendah (floor price)
b.      Kebijakan harga tertinggi (celling price)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar