Ilmu ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang
mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar
dan kuantitas faktor input,barang,dan jasa yang diperjualbelikan.Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan
dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan
jasa,yang akan menentukan harga,dan bagaimana harga,pada gilirannya,menentukan
penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.Individu yang melakukan
kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal,bersama-sama individu lainnya
di pasar,akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro,dengan asumsi
bahwa semua hal lain tetap sama (ceteris paribus).
Ekonomi mikro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang
mempelajari alokasi dari sumber daya yang terbatas.Hanya saja cakupan yang
dipelajari berkenaan dengan aliran barang dan jasa dari sektor rumah tangga produsen ke rumah tangga
konsumen ke rumah tangga produsen,gabungan dari kedua aliran tersebut serta
pengenaan harga dari komponen aliran produk.Jadi,cakupan dari ekonomi mikro
pada umumnya hanya berkenaan dengan sektor rumah tangga dan produsen,dan jika
ada ditambah dengan pengaruh campur tangan pemerintah terhadap keseimbangan
yang diperoleh oleh produsen dan konsumen.
Salah satu
tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang
membentuk harga relatif kepada produk dan jasa,serta alokasi dari sumber
terbatas di antara banyak penggunaan alternatif.
Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar,yaitu ketika pasar
gagal dalam memproduksi hasil yang efisien,serta menjelaskan berbagai kondisi
teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.Bidang-bidang
penelitian yang penting dalam ekonomi mikro,meliputi pembahasan mengenai
keseimbangan umum (general equilibrium),keadaan pasar dalam informasi
asimetris,pilihan dalam situasi ketidakpastian,seta berbagai aplikasi ekonomi
dari teori permainan.Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai
elastisitas produk dalam system pasar.
Elemen dalam analisis ekonomi mikro terbagi dalam tiga agen
ekonomi,yaitu produsen,konsumen dan pemerintah.Kita dapat rinci sebagai
berikut.
a. Sisi konsumen di antaranya :
-
Elemen
dasar penawaran dan permintaan;
-
Teori
perilaku konsumen
-
Elastisitas
b. Sisi produsen di antaranya :
-
Teori
produksi;
-
Teori
biaya
c. Pasar output dan penetapan harga
Pasar persaingan sempurna,monopoli,oligopoly,dan persaingan monopolistic.
d. Pasar input da penetapan harga,yaitu
permintaan input.
Asumsi yang dipergunakan untuk menyederhanakan fenomena yang ada,di
samping untuk mengarahkan kajian sehingga dapat menemukan hubungan penting
antara berbagai variabel yang terkait.Di dalam ekonomi mikro beberapa asumsi
yang terkait adalah sebagai berikut :
a. Memaksimalkan keuntungan’
Lebih merupakan tujuan
setiap perusahaan sebagai acuan dari usaha yang akan dilakukan.
b. Cateris Paribus
Diartikan sebagai hal-hal
lain yang dianggap tetap,artinya beberapa variabel yang dianggap mempengaruhi
diabaikan dengan maksud supaya ada unsure kesederhanaan atau memudahkan
analisis.
Pada umumnya,masalah
ekonomi yang menarik dalam bahasan ekonomi mikro adalah masalah yang terkait
dengan situasi pasar barang dan jasa tertentu.Mekanisme pasar akan menciptakan
harga yang terlalu tinggi sehingga sulit dijangkau konsumen.Oleh karena itu,pemerintah
harus turun tangan untuk mengatasi hal semacam ini dengan :
a. Kebijakan harga terendah (floor
price)
b. Kebijakan harga tertinggi (celling
price)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar