Marketing bukanlah ilmu eksak,tetapi kaya dengan sejarah
sukses dan gagal.Belajarlah dari mereka,apa yang salah dan benar yang mereka
telah lakukan? Satu jaminan kegagalan adalah menjadi arogan untuk mengikuti
nasehat belajar keras dari orang lain.Sering kali orang-orang yang bergelut
dalam bisnis marketing dan menjalankan bidang pemasaran merasa telah maksimal
menjalankan tugasnya,namun berakhir tidak memuaskan.Mereka tidak memahami
bagaimana kegagalan tersebut terjadi.Dalam hal ini bukan berarti anda semua
akan di haruskan menjadi pebisnis,tetapi mencoba untuk belajar bagaimana cara
atau trik seseorang yang pernah atau sedang mengalami kegagalan dan segera
bangkit dan memperbaiki langkah-langkahnya tanpa harus merasa alergi atau
kurang nyaman dari kondisi gagal.Ada 9 trik berikut ini bisa menjadi inspirasi
bagi orang yang ingin sukses atau terhindar dari kegagalan :
1. Miliki Rencana Pemasaran ( Marketing Plan )
Kebanyakan kesalahan pemasaran adalah tidak
memiliki rencana.Rencana tidak harus kompleks,tetapi perencanaan yang dibuat
harus mendeskripsikan target pemasaran kita dan apa yang dapat dilakukan agar
membuat mereka membeli produk atau jasa usaha kita.Ini berarti memikirkan
tentang bagaimana pebisnis marketing dapat mengontak dan mengkomunikasikan
dengan baik kepada mereka.
2. Milikilah Anggaran Pemasaran
Anda telah mendapatkan satu tarhet
marketing anda,tidak masalah berapa besar atau kecilnya.Anda akan butuh
menghabiskan beberapa uang dan waktu untuk mendapatkan orang-orang yang lain
untuk mengetahui bisnis anda.
3. Milikilah Database Pelanggan
Carilah database pelanggan sebanyak
mungkin.Berikan nama dan kontak detail pada database sehingga anda dapat
mengkomunikasiakn dengan siap kepada pelanggan.
4. Milikilah Back Up Penjualan
Ketika pelanggan keluar,apakah itu akan
menjadi yang terakhir kali anda melihatnya? Jika mereka keluar dengan
senang,mereka kemungkinan akan senang membeli kembali.Dan jika mereka keluar
dengan kecewa,tidakkah anda ingin mengetahui penyebabnya dan kemudian mencoba
memperbaiki masalah yang ada?
5. Pahamilah Nilai dari Pelanggan Berulang (
repeat costumer )
Sangat banyak pebisnis marketing yang hanya
berkonsentrasi membuat penjualan dan tidak pada membangunh ubungan
pelanggan.anda menghabiskan waktu dan langkah untuk memastikan setiap satu
pelanggan baru untuk membeli produk atau jasa.Coba pikirkan tentang ini,apakah
lebih baik memiliki lima pelanggan yang dating kembali 10 kali dalam satu tahun
atau 50 pelanggan baru setiap tahun yang membeli satu dan tidak pernah dating
kembali?
6. Jalankan Setiap Penjualan
Untuk memiliki biaya rendah,dampak strategi
pemasaran yang tinggi,anda harus menjalankan setiap penjualan.Berikut beberapa
yang harus ditemukan :
-
Kapan dan bagaimana pelanggan mendengar anda?
-
Siapa yang mereferensikan mereka pada anda?
-
Berapa banyak uang yang dihabiskan pelanggan?
-
Berapa banyak jenis produk atau jasa yang mereka
beli?
-
Apakah mereka pelangan yang berulang?
7. Tingkatkan Penjualan
Anda seharusnya mencari dan menjual kepada
setiap pelanggan.Menawarkan tambahan merchandise pada penjualan,jika anda
menjual sebuah jasa yang melengkapi bisnis inti akan meningkatkan penjualan
anda dari sisi lain.
8. Mintalah Rujukan atau Referensi
Simple,minta pelanggan untuk mereferensikan
teman-teman mereka dan keluarga anda,atau anda lebih agresif dengan meminta
nama dan kontak mereka.anda dapat memberikan komisi atau diskon untuk setiap
rujukan yang sukses.
9. Dapatkan Rekomendasi dan Testimony
Yakinkan mereka kembali dengan surat resmi
dan testimonial dari pelanggan yang puas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar