Minggu, 05 Januari 2014

MENGENAL DUNIA MARKETING SEBAGAI DASAR DUNIA USAHA



Marketing bukanlah ilmu eksak,tetapi kaya dengan sejarah sukses dan gagal.Belajarlah dari mereka,apa yang salah dan benar yang mereka telah lakukan? Satu jaminan kegagalan adalah menjadi arogan untuk mengikuti nasehat belajar keras dari orang lain.Sering kali orang-orang yang bergelut dalam bisnis marketing dan menjalankan bidang pemasaran merasa telah maksimal menjalankan tugasnya,namun berakhir tidak memuaskan.Mereka tidak memahami bagaimana kegagalan tersebut terjadi.Dalam hal ini bukan berarti anda semua akan di haruskan menjadi pebisnis,tetapi mencoba untuk belajar bagaimana cara atau trik seseorang yang pernah atau sedang mengalami kegagalan dan segera bangkit dan memperbaiki langkah-langkahnya tanpa harus merasa alergi atau kurang nyaman dari kondisi gagal.Ada 9 trik berikut ini bisa menjadi inspirasi bagi orang yang ingin sukses atau terhindar dari kegagalan :

1.       Miliki Rencana Pemasaran ( Marketing Plan )
Kebanyakan kesalahan pemasaran adalah tidak memiliki rencana.Rencana tidak harus kompleks,tetapi perencanaan yang dibuat harus mendeskripsikan target pemasaran kita dan apa yang dapat dilakukan agar membuat mereka membeli produk atau jasa usaha kita.Ini berarti memikirkan tentang bagaimana pebisnis marketing dapat mengontak dan mengkomunikasikan dengan baik kepada mereka.

2.       Milikilah Anggaran Pemasaran
Anda telah mendapatkan satu tarhet marketing anda,tidak masalah berapa besar atau kecilnya.Anda akan butuh menghabiskan beberapa uang dan waktu untuk mendapatkan orang-orang yang lain untuk mengetahui bisnis anda.

3.       Milikilah Database Pelanggan
Carilah database pelanggan sebanyak mungkin.Berikan nama dan kontak detail pada database sehingga anda dapat mengkomunikasiakn dengan siap kepada pelanggan.

4.       Milikilah Back Up Penjualan
Ketika pelanggan keluar,apakah itu akan menjadi yang terakhir kali anda melihatnya? Jika mereka keluar dengan senang,mereka kemungkinan akan senang membeli kembali.Dan jika mereka keluar dengan kecewa,tidakkah anda ingin mengetahui penyebabnya dan kemudian mencoba memperbaiki masalah yang ada?

5.       Pahamilah Nilai dari Pelanggan Berulang ( repeat costumer )
Sangat banyak pebisnis marketing yang hanya berkonsentrasi membuat penjualan dan tidak pada membangunh ubungan pelanggan.anda menghabiskan waktu dan langkah untuk memastikan setiap satu pelanggan baru untuk membeli produk atau jasa.Coba pikirkan tentang ini,apakah lebih baik memiliki lima pelanggan yang dating kembali 10 kali dalam satu tahun atau 50 pelanggan baru setiap tahun yang membeli satu dan tidak pernah dating kembali?

6.       Jalankan Setiap Penjualan
Untuk memiliki biaya rendah,dampak strategi pemasaran yang tinggi,anda harus menjalankan setiap penjualan.Berikut beberapa yang harus ditemukan :
-          Kapan dan bagaimana pelanggan mendengar anda?
-          Siapa yang mereferensikan mereka pada anda?
-          Berapa banyak uang yang dihabiskan pelanggan?
-          Berapa banyak jenis produk atau jasa yang mereka beli?
-          Apakah mereka pelangan yang berulang?

7.       Tingkatkan Penjualan
Anda seharusnya mencari dan menjual kepada setiap pelanggan.Menawarkan tambahan merchandise pada penjualan,jika anda menjual sebuah jasa yang melengkapi bisnis inti akan meningkatkan penjualan anda dari sisi lain.

8.       Mintalah Rujukan atau Referensi
Simple,minta pelanggan untuk mereferensikan teman-teman mereka dan keluarga anda,atau anda lebih agresif dengan meminta nama dan kontak mereka.anda dapat memberikan komisi atau diskon untuk setiap rujukan yang sukses.

9.       Dapatkan Rekomendasi dan Testimony
Yakinkan mereka kembali dengan surat resmi dan testimonial dari pelanggan yang puas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar